Jumat, 03 Juni 2011

Pesiraman Pura Dalem Pingit Sebagai Tempat Melukat


Pesiraman Pura Dalem Pingit dan Pura Kusti adalah salah satu tempat yang dipercaya sebagai tempat melukat (membersihkan diri secara niskala). Pada hari-hari tertentu Pesiraman (permandian) Pura Dalem Pingit dan pura Kusti yang berlokasi di Banjar Sebatu Desa Sebatu Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin melukat.


Saya sekeluarga bersama besan yang tinggal di Sulawesi Selatan dan kebetulan datang ke Bali berkesempatan mengunjungi pesiraman ini pada hari Minggu, 22 Mei 2011. Dengan kendaraan pribadi perjalanan dari Denpasar ke Sebatu ditempuh selama sekitar 1 jam 20 menit. Pukul 10 lewat 10 menit hujan gerimis menyambut kedatangan kami di tempat parkir. Pagi itu tampak kendaraan roda empat dan roda dua milik pengunjung hampir memenuhi halaman parkir yang tersedia.

Setelah istirahat beberapa menit, kami langsung menuju ke tempat pesiraman yang berjarak sekitar 250 meter. Perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak yang berkelok-kelok dan berundag-undag. Pada beberapa ruas jalan dipasangi pagar pengaman dari besi. Di bagian sisi kiri dan kanan jalan tumbuh pepohonan menambah sejuknya suasana pedesaan.

Sesampainya di pesiraman (permandian) pengunjung tidak langsung melukat. Ada tahapan yang sebaiknya diikuti oleh pengunjung. Memasuki area pesiraman, pengunjung akan melewati pelinggih (tempat pemujaan) pesiraman. Di hadapan Pelinggih (tempat pemujaan) pesiraman inilah sebaiknya terlebih dahulu pengunjung melakukan persembahyangan sebagai pemberitahuan akan melukat. Selesai sembahyang barulah pengunjung melanjutkan tahap kedua yaitu melukat di pesiraman. Pada saat melukat pengunjung dihimbau untuk menggunakan pakian adat. Karena lokasi melukat tidak terlalu lebar pada saat ramai maka pengunjung harus rela antre dan sabar menunggu giliran. Selesai melukat dilanjutkan dengan tahap ketiga yaitu melakukan persembahyangan di pelataran di depan pesiraman sebagai ungkapan rasa terimakasih.

Apabila ketiga tahapan tersebut telah dilaksanakan maka selesailah kegiatan melukat. Selanjutnya pengunjung bisa berganti pakaian atau langsung pulang. Bagi pengunjung yang ingin menikmati sejuknya alam sambil minum kopi, tidak perlu kuatir. Di sekitar lokasi pesiraman ada warung-warung yang melayani kebutuhan pengunjung.






1 komentar: